Diposkan pada Motivasi

HALLO-ENFP PEOPLE

Pernah test kepribadian MBTI? sangat penting untuk mengetahui kepribadian tersembunyi yang menghambat diri kita. Jika kita tidak mengenal kekurangan dan kelebihan diri kita, siapa lagi yang akan mengenal kita? Kita mungkin akan menjauhi kesuksesan dalam hidup karena tidak mengenal kepribadian terselubung yang kita miliki. Kesuksesan yang dimaksudkan dalam arti luas adalah kekayaan dan kehormatan.

Tetapi dalam arti sederhana, kesuksesan adalah bisa mengatasi penghalang kecil dalam hidup seperti kemalasan, mengeluh, berfokus pada masa lalu, banyak alasan dan menunda. Sangat disarankan, kita bisa mengenal baik suatu kekurangan dan kelebihan didalam diri kita agar kita bisa mengatasi dunia diluar sana.

Aku membuka banyak web test kepribadian. Sebelumnya aku tidak begitu yakin dengan test ini. Oleh karena itu, aku mencoba test sebanyak 10 kali di web berbeda. Yang muncul adalah hasil yang sama yaitu ENFP (ExtraversionIntuitionFeeling, dan Perceiving). Salah satu situs web yang aku rekomendasikan untuk pengujian kepribadian adalah situs ini. ” https://www.16personalities.com/id/tes-kepribadian

Setelah kubaca-baca ENFP bisa dikatakan sangat akurat dengan kepribadianku. Akurat dari mana? mari kita lihat.

Source :Pinterest
source : Pinterest

Dari gambar diatas, ENFP adalah kepribadian yang menikmati waktu dengan bertemu banyak orang dan berteman. Merasa ingin akrab dengan orang-orang tertentu dan suka kepoin orang adalah ENFP. Tetapi ada kalanya ENFP terlalu menjaga perasaan orang lain. Hingga si ENFP baper sendiri berhari-hari karena takut orang lain tersinggung. ENFP juga mudah bergaul dengan teman pria maupun teman wanitanya. Dan seringkali orang lain berprasangka si ENFP menaruh perasaan kepada orang tersebut.

Padahal yang sebenarnya, rasanya sumpek jika hanya mementingkan diri sendiri. Makanya ENFP cenderung caring ke teman-temannya. ENFP Pengen banget bisa memberi solusi dan berteman dengan orang-orang yang menurut si ENFP menarik sebagai teman. ENFP mudah kepoan terhadap masalah dan kebingungan orang lain, tapi dia nggak akan menceritakan masalah dan kebingungannya dengan orang sembarangan. Makanya sebagian orang merasa kalo mereka adalah temen deket si ENFP, tapi ENFP nggak ngerasa begitu. ENFP sering bingung ketika ada yang memperlakukannya seperti sahabat, padahal ENFP menganggap mereka biasa aja.

Tentunya ada saja orang yang menganggap ENFP introvert maupun ekstrovert karena memiliki kepribadiannya yang cenderung ambivert. Orang dengan kepribadian ENFP juga butuh waktu untuk menyendiri. Namun ENFP lebih menyukai waktu menyendirinya ditemani oleh orang terdekat yang mendengarkan ceritanya setelah ia berbaur seharian diluar. Ia ingin ada seseorang introvert yang tidak menyela ceritanya dan merespon tanpa memotong ceritanya. Bagi ENFP, refreshing lainnya selain bercerita adalah berjalan-jalan dikeramaian. Walaupun tidak dalam mood ingin menyapa orang lain, baginya dengan keramaian kafe atau tempat hiburan lainnya sudah sangat menghibur. Begitulah ENFP mengisi waktu menyendiri dan energinya dari kejenuhan.

Kekurangan ENFP adalah fokusnya yang mudah terbagi dan mudah bosan setelah mengerjakan sesuatu. Misalnya ENFP lagi bertekad baca buku 10 hari kedepan. Tapi hanya berjalan 1 hari. Contoh lainnya main games sampai kecanduan semingguan, tapi diuninstall setelah bosan dan tidak pernah diunduh lagi. Ada banyak orang yang bisa menonton film secara berulang-ulang. Tetapi bagi ENFP ini tidak akan terjadi. Karena ENFP selalu mudah bosan. Jika menontonnya sekali, ENFP tidak akan pernah penasaran lagi untuk menonton ulang.

ENFP adalah seseorang yang harus dimotivasi terus oleh orang terdekat dan sisi negatifnya, ENFP mudah sekali berpindah haluan. Contoh pribadinya, aku pernah excited banget jualan online sampai berkhayal jadi star seller setiap malam. Aku konsisten upload produknya sebulan. Ada pembeli. Tapi akhirnya berhenti dan mencoba bidang baru untuk jualan produk lain. Kenapa berhenti? karena awalnya hanya penasaran seperti apa sensasi berjualan online. Tetapi jika sudah mencoba maka ENFP mungkin bosan. Ya, sebut saja tidak ada konsistensi.

Dalam gambar yang tertera, ENFP adalah pribadi yang cocoknya menjadi komedian, musisi, penulis, guru? apa?! Mungkin tidak sepenuhnya benar. Percayalah aku tidak cocok menjadi komedian. Apalagi musisi. Menjadi guru? aku tidak begitu suka bertemu murid-murid nakal dan caper.  Author? mungkin saja cocok, tapi aku tidak menganggap menulis adalah pekerjaan. Bagiku menulis adalah hobi yang datang dan pergi. Aku tidak mengatakan diriku penulis, tapi aku memang hobi menulis sejak sekolah dasar. Aku sering mengirim puisi ke majalah BOBO di masa sekolah dasarku. Dimasa Sekolah menegah, aku membuat cerpen untuk dibaca oleh teman-teman dekatku. Dan mereka menyukainya, hingga aku selalu memfotokopi untuk mereka. Kemudian di sekolah menegah, aku pernah mewakili sekolahku untuk membaca puisi karyaku di acara perlombaan antar sekolah dari banyaknya siswa. Tetapi tentu saja sertifikatnya menjadi aset sekolah (tidak bisa menyertakan bukti).

Aku punya second blog yang kurintis dari zaman dulu. viewnya lumayan dan aku pernah bermimpi menjadi penulis yang menerbitkan buku. Tapi akhirnya mimpi itu sirna karena menurutku, menulis bukan jalan ninjaku dan menulis hanyalah hobi. Bahkan, blogku yang 1 lagi, tidak pernah ku update lagi padahal aku sudah susah payah mempelajari SEO dan berhasil, namun aku melupakan usahaku sendiri. Oh ya SEO adalah search engine dimana tulisan kita akan selalu muncul dipencarian teratas google. Biasanya ada blog yang sulit muncul di pencarian google jika tidak memakai SEO. Aku juga punya akun inisial “Q” yang membagi tips kehidupan.

Berikut adalah beberapa upvote yang kudapatkan di “q” dengan membagikan tips kehidupan. Dengan view ratusan ribu dan pendukung tulisanku dari ratusan hingga ribuan.  Aku adalah mitra “q” yang lebih berkontribusi pada tulisan berkualitas dan tulisan marketing lainnya, tentu saja karena mitra aku mendapatkan pendapatan dari sana, namun fokusku bukan pada pendapatan. Bagiku “q” adalah penyaluran hobi menulis yang menyenangkan. Bdw, like di “q” sama candunya dengan like disosmed lain. Kesimpulannya ENFP mungkin juga cocok menjadi penulis. Karena menulis di platform, bisa menjadi ajang sharing untuk sisi ENFP yang ekstrovert dan bertukar pendapat dengan orang hebat lainnya. Dimana ENFP ingin berbagi pendapat dan mengetahui sudut pandang orang lain, yang tidak pernah kita kenal didunia nyata tapi memiliki kredensial oke.

Aku juga pernah iseng menjadi penulis wattpad.

Menjadi peringkat 40 dari 1050 di wattpad dari hastag #me****** Cukup mengesankan bukan? Aku menulis genre “novel”. Namun ini hanya berlangsung selama seminggu saja. Kemudian aku bosan dan menghapus wattpad. Sekarang aku tidak tahu, tulisanku ada diperingkat berapa. Aku hanya iseng menulis dan aku tidak ingin melanjutkannya. Sudah mendapat gambaran sisi negatif ENFP? hobi saja bisa bosan. Ya, ENFP sangat tidak konsisten.

Tapi tenang dulu, ENFP bukan hanya cocok menjadi penulis, beberapa informasi mengatakan ENFP cocok disegala bidang. Asalkan konsisten dan tidak membosankan. Aku suka pekerjaan yang random dan tidak suka hanya mengerjakan 1 hal saja. Kalau Seorang ENFP bekerja dikantor dengan 1 pekerjaan saja, dijamin si ENFP akan resign. Karena bosan yang menerus. Ataupun ENFP akan resign karena tidak mau mengerjakan sesuatu yang baginya tanpa perubahan. ENFP adalah si penyuka tantangan. Tapi jika sudah menaklukannya, ENFP akan mudah bosan. Tanpa motivasi dan dukungan orang terdekat, sulit bagi ENFP untuk menyelesaikan sesuatu yang menurutnya membosankan.

ENFP memiliki energi yang besar untuk mempelajari banyak hal. ENFP selalu mencurahkan segala energi yang dia punya untuk pekerjaan maupun hobi yang disukainya. Namun kendalanya adakah jika rasa bosan datang. Oleh karena itu, ENFP hanya butuh konsistensi. Dukungan orang terdekat secara terus menerus adalah kunci kesuksesannya. Namun disarankan, ENFP juga bisa memotivasi dirinya sendiri. Bisa dengan menonton video motivasi dan buku-buku motivasi.

ENFP akan selalu mudah tertarik kepada orang lain. Bukan tertarik dalam arti cinta/suka. Namun sangat tertarik membangun relasi. ENFP tidak suka dikekang walaupun dia memiliki pasangan. ENFP membutuhkan pasangan yang mempercayainya dan tidak membatasinya berteman dengan siapa saja. ENFP hanya butuh dipercaya. Untuk bertahan dengan kepribadian ENFP, maka pasangannya harus menjadi pendengar yang baik dan tidak mencurigainya.

Sebagian  dari tulisan ini adalah pengalaman pribadi dariku sebagai pemilik kepribadian ENFP. Oh ya, aku terlalu lelah menulis tips kehidupan di blog ini. Oleh karena itu, aku menulisnya hanya di platform lain. Blog ini bertujuan untuk mengeluarkan uneg-uneg dan tulisan bebas yang difungsikan sebagai blog pribadi. Jika ada yang menanyakan akun “q” maupun wattpad, ataupun blog lainnya, mohon maaf aku tidak bisa mencantumkannya.

sumber dan referensi : https://psikologihore.com/tipe-kepribadian-enfp-si-kepo-yang-punya-banyak-ide/ https://www.16personalities.com/id/tes-kepribadian

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s